Pantai Ayah Kebumen Keunikannya Tiada Gunanya


Pantai seperti sebuah lukisan yang menggambarkan keindahan alam ciptaan Tuhan. Mata kita akan disuguhkan dengan berbagai keindahan, seperti matahari tenggelam, hamparan pasir putih, dan ombak yang bergulung-gulung. Indonesia menjamin keindahan untuk semua wisata pantai yang dimilikinya, salah satunya adalah keindahan yang dimiliki oleh Pantai Ayah Kebumen.

Nama salah satu pantai yang dimiliki Indonesia ini memang sangat unik, begitu pun dengan keindahan yang disajikan. Wisata pantai ini terletak di daerah Kebumen, Jawa Tengah, tepatnya di kecamatan Ayah.

Keunikan Pantai Ayah Kebumen

Keunikan yang dimiliki oleh pantai Ayah tidak ada duanya. Pantai ini berada di antara laut Selatan dan hutan jati yang dimiliki oleh Perum Perhutani milik Kedu Selatan. Hutan tersebut dikenal masyarakat sekitar dengan nama hutan Logending. Perpaduan unik yang dimiliki oleh pantai Ayah jarang ditemui di pantai-pantai lain yang terdapat di Indonesia.

Pengunjung yang sudah puas menikmati keindahan pantai yang landai, bisa jalan-jalan ke kawasan hutan tersebut. Di dalam hutan, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pohon langka yang tinggi menjulang. Pohon-pohon tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar Indonesia. Pengunjung akan menemukan pohon Mahoni Afrika yang tergolong langka di hutan yang dikelola oleh pemerintah ini. Bahkan, hutan ini dijadikan tempat observasi dan pengembangbiakan tanaman langka tersebut.

Hutan Logending yang berjarak sangat dekat dengan pantai, bisa dijadikan tempat berkemah yang menyenangkan. Pengunjung bisa ‘menginap’ di hutan sembari menikmati indahnya suasana pantai Ayah. ‘Lekukan-lekukan’ yang terdapat di dalam hutan dianggap cukup menantang bagi sebagian orang. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas outbond untuk melengkapi kepuasan para pengunjung.

Hal lain yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke pantai Ayah adalah keindahan muara sungai Bodo. Untuk menikmati keindahan tersebut, kita bisa menyewa perahu milik nelayan setempat yang memang disediakan khusus untuk melayani wisatawan. Sungai Bodo ini memisahkan wilayah Kebumen dengan Cilacap.

Spanjang perjalanan, pengunjung akan kembali disuguhkan dengan berbagai ‘material’ indah ciptaan Tuhan, seperti pepohonan yang rindang di sepanjang tepian sungai. Pohon-pohon jati yang terdapat di hutan Logending juga ‘setia’ mengiringi perjalanan.

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola pantai Ayah juga tergolong lengkap, seperti penginapan, parkir yang luas, tempat ibadah, tempat bermain anak, beberapa kios yang menyediakan berbagai barang dan makanan khas masyarakat sekitar pantai, seperti gula kelapa atau grobi, serta warung-warung makan, juga lapak bagi para nelayan yang ingin menjual hasil melautnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: